ayo temen-temen semangat belajar....!!!!

slide

Jumat, 13 November 2009

NASA Uji Coba Roket Baru

Era Baru News Kamis, 29 Oktober 2009

Ares 1-X roket tes NASA meluncur dari landasan peluncuran 39-b di Pusat Antariksa Kennedy 28 Oktober 2009 di Tanjung Canaveral, Florida. (Matt Stroshane/Getty Images)

Cape Canaveral, Fla - Sebuah roket tak berawak NASA untuk membantu mengembangkan layanan baru taksi ke Bulan melesat ke langit pada hari Rabu (28/10) dalam uji coba penerbangan selama dua menit.

Roket Ares 1-X setinggi 327-kaki (100 meter), saat ini adalah roket tertinggi di dunia. Roket meluncur di 11:30 EDT (1530 GMT) dari pesawat ruang angkasa yang dimodifikasi di landasan peluncuran di Tanjung Canaveral, Florida.

Pesawat putih langsing ini terbang ke langit biru di atas Florida meninggalkan kolom api dan asap.

"Tidak dapat dipercaya, fantastis, saya terharu melihatnya," kata Direktur Pusat Antariksa Kennedy Bob Cabana kepada tim peluncuran.

Penembakan motornya selama lebih dari dua menit, roket terbang ke ketinggian 28 mil (45 km) dan mencapai kecepatan hampir lima kali kecepatan suara.

Roket kemudian diterjunkan di Samudera Atlantik, di mana kapal NASA membawanya kembali ke pangkalan.

Demo roket baru adalah proyek utama NASA senilai US $ 445 million untuk memverifikasi desain untuk menggantikan pesawat ulang-alik yang akan pensiun.

Selain mengangkut astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional 225 mil (360 km) di atas Bumi, booster dimaksudkan untuk menjadi bagian dari sistem untuk menerbangkan astronot ke Bulan dan tujuan lain di tata surya.

Pesawat ulang-alik dijadwalkan akan pensiun tahun depan setelah menyelesaikan enam misi untuk stasiun angkasa. (EpochTimes/Reuters/ray)

Tidak ada komentar: